Image by Cool Text: Free Logos and Buttons Create An Image Just Like This

Ketahuilah bahwa Allah SWT menjadikan bumi sebagai tempat yang mudah diatur bagi hamba-hamba-Nya agar mereka dapat menjadikannya sebagai tempat tinggal dan mempergunakan umurnya yang terus berjalan, laksana perahu yang sedang berlayar bersama penumpangnya. Perjalanan awalnya dimulai sejak dari buaian dan berakhir di liang lahat. Negerinya adalah surga atau neraka.

Usianya adalah jarak perjalanan, tahun-tahunnya ada garis fiinish-nya, bulan-bulan-Nya ada garis farsakh-Nya, hari-harinya adalah jarak milnya, nafasnya adalah langkahnya, ketaatannya (kepada Allah SWT) adalah hartanya, waktunya adalah modalnya, hawa nafsu dan harta benda duniawi adalah perampoknya, keuntungannya adalah kemenangannya saat berjumpa dengan Allah SWT, Raja yang Maha Agung, di akhirat kelak dengan kenikmatan yang kekal. Kerugiannya adalah jauhnya ia dari-Nya, na’udzu Billah. Semoga Allah SWT melindungi kita dari belenggu dan siksa yang pedih dalam neraka yang bertingkat-tingkat.

Orang yang lalai, walaupun hanya dalam waktu satu desahan saja dari umurnya, akan mengalami penyesalan yang tiada berujung dan kerugian yang tidak terhitung

Dikutip dari kitab Mukhtashor Ihya’ Ulumuddin bab Wirid