A. Gerhana bulan tahun 2011 terjadi dua kali
Pada Hari Sabtu, 10 Desember 2011 H/ 17 Muharram 1433 H, dalam sejarah ahli astronomi atau dalam istilah Agama Islam disebut Ahli Falak, terjadi gerhana bulan sebanyak 2 kali, yaitu pada bulan Juni 2011 dan 10 Desember 2011, pada bulan Juli tersebut Gerhana bulan memang berlangsung mulai Pukul 00.00 s/d 03.00, yang sangat terlihat perubahannya dari bulan penuh atau bulan purnama yang sedikit demi sedikit tertutupi bayangan bumi, karena bulan hanya bisa memantulkan cahaya yang diterima dari cahaya matahari, pada gerhana yang kedua di penghujung tahun 2011, yaitu pada hari Sabtu, 10 Desember 2011, gerhana berlangsung mulai pukul 19.30 s/d 21.30 yang mana tidak sampai terjadi gerhana total, akan tetapi perlu diketahui bahwa gerhana tersebut adalah sebuah fenomena alam yang dapat dipekirakan sebelumnya oleh para ahli astronomi atau ahli falak.

B. Shalat Gerhana
Dalam ajaran agama islam, gerhana dibedakan menjadi dua, yaitu gerhana matahari (kusuuf asy-syams) dan gerhana bulan (khusuuf al-qomar), keduanya memang hampir mempunyai kesamaan dalm segi penamaan, akan tetapi berbeda. Ketika terjadi gerhana, maka itu adalah fenmnena alam yang wajib disyukuri bukan semata-mata terjadi karena murka dewa-dewa di langit. Oleh karena itu agama islam mengajarkan untuk selalu mengingat kepada Dzat Yang menciptakan yaitu Allah SWT dengan cara melaksankan Shalat Gerhana (kusufain)
Adapun pelaksanaannya sebagai berikut :
1. Niat shalat gerhana,
Untuk Gerhana Matahari : Usholli sunnatan likusuufisy syamsi rok’ataini (imaaman/ma’muuman) lillahi ta’ala
Untuk Gerhana Bulan : Usholli sunnatan likhusuufil qomari rok’ataini (imaaman/ma’muuman) lillahi ta’ala
2. Shalat dilakukan 2 roka’at, setiap roka’at terdiri dari 2 kali berdiri (membaca surat Al Fatihah dan surat) dan 2 kali rukuk (membaca tasbih) serta i’tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, sujud seperti biasa. Begitu pula pada roka’at kedua dengan diakhiri dengan salam

3. Hal-hal yang anjurkan
-Memperlama bacaan surat yaitu :
a. Membaca surat setelah Al Fatihah pertama membaca surat seukuran Surat Al Baqoroh atau kira-kiranya 250 ayat.
b. Setelah Al Fatihah kedua membaca surat seukuran kira-kira 200 ayat.
c. Setelah Al Fatihah ketiga membaca surat seukuran kira-kira 150 ayat.
d. setelah Al Fatihah kedua membaca surat seukuran kira-kira 100 ayat.

-Memperlama bacaan tasbih ketika rukuk
a. Pada rukuk pertama membaca tasbih sekitar membaca 100 ayat
b. Pada rukuk pertama membaca tasbih sekitar membaca 80 ayat
c. Pada rukuk pertama membaca tasbih sekitar membaca 60 ayat
d. Pada rukuk pertama membaca tasbih sekitar membaca 40 ayat

– kemudian melaksanakan 2 Khuthbah seperti khutbah jum’at.